Nano

Rangkuman Berita Teknologi Hari ini




Hari ini ada sejumlah informasi dari ranah teknologi Indonesia dan dunia yang sayang untuk kamu lewatkan. Mulai dari robot pembersih Roomba yang sudah bisa membaca pemetaan sinyal wi-fi, tiga robot komersial dari LG, Facebook yang melakukan uji coba cross post Instagram Stories ke WhatsApp, sampai pembaruan teknologi layar laptop flagship Dell.

Roomba Kini dapat Memetakan Sinyal Wi-Fi dalam Rumahmu



Ayyub Mustofa – Robot pembersih rumah Roomba semakin lama semakin canggih saja. Setelah sebelumnya mendapat fitur untuk membuat denah rumah, robot buatan perusahaan iRobot ini sekarang juga bisa memetakan sinyal wi-fi dalam rumahmu. Kamu dapat melihat denah hasilnya lewat aplikasi Roomba di smartphone.

Hampir semua varian Roomba terbaru memang dilengkapi konektivitas wi-fi. Jadi selagi membersihkan lantai, Roomba dapat melakukan pengukuran kekuatan sinyal wi-fi secara berkala. Fitur ini tentu sangat berguna untuk membantumu menentukan peletakan router yang optimal. Tidak perlu khawatir juga tentang masalah privasi, karena iRobot berjanji mereka tak akan menjual data pemetaan rumah yang kamu lakukan.
Sumber : TechCrunch


LG Akan Pamerkan Tiga Robot Baru untuk Kebutuhan Komersial



Danang Setiaji – Setelah melakukan uji coba robot pemandu dan robot pembersih di bandara internasional Incheon, LG kini bersiap memamerkan produk robot terbarunya yang hadir dengan label CLOi. Ada tiga robot berlabel CLOi yang kesemuanya membidik ranah komersial yakni Serving Robot, Porter Robot, dan Shopping Cart Robot.

Sesuai namanya, Serving Robot memiliki fungsi untuk melayani pengguna seperti mengantar makanan dan minuman. Selain itu, Serving Robot tampaknya juga memiliki kompartemen kedua yang bisa digunakan untuk membawa barang seperti handuk. Serving Robot bisa digunakan untuk hotel, lounge bandara, bahkan restoran.

Selanjutnya, Porter Robot didesain untuk membangu pengguna melakukan check in dan check out, termasuk menerima pembayaran, sehingga mampu mempersingkat waktu tunggu di hotel. Porter Robot juga bisa membantu membawakan koper. Namun belum disebutkan berapa berat maksimum koper yang bisa diangkut.

Terakhir, Shopping Cart Robot berupaya mengakomodasi kebutuhan di supermarket premium. Robot ini dibekali kemampuan untuk memindai barcode sehingga mampu membantu pengunjung mengecek harga barang. Shopping Cart Robot juga bisa menampilkan daftar barang belanjaan pengunjung, hingga membantu pengunjung mencari barang yang diinginkan.
Sumber : Engadget


Facebook Uji Coba Fitur Berbagi “Stories” Instagram ke WhatsApp



Risky Maulana – Facebook baru-baru ini dikabarkan sedang menguji layanan fitur berbagi Stories Instagram ke dalam aplikasi chat WhatsApp. Dikutip dari sumber TechCrunch, Facebook kedapatan tengah menjalankan tes untuk membiarkan pengguna melakukan posting Instagram Story mereka langsung ke dalam WhatsApp Status.

Uji coba fungsi ini mirip dengan apa yang dilakukan Facebook pada bulan Oktober lalu, di mana mereka membolehkan pengguna Instagram untuk berbagi Insta Stories ke kolom Stories Facebook. Sampai waktu berita ini dipublikasikan, sejauh ini Facebook belum memberikan jawaban resmi seputar uji coba fitur ini.
Sumber : TechCrunch


Dell Memperbarui Lini Flagship XPS 13 Mereka dengan Layar 4K dan Prosesor Intel Terbaru



John Patrick Manuwu – Tidak mau ketinggalan dengan tren 4K yang sedang ramai belakangan ini, laptop flagship Dell, XPS 13 juga hadir dengan pembaruan layar dan prosesor Intel i5 dan i7 generasi terbaru.

XPS 13 versi terbaru ini memiliki layar 4K serta diperkuat dengan teknologi InfinityEdge. Selain itu, XPS 13 varian baru ini juga memiliki dapur pacu bertenaga Intel i5-8250U (3,4 GHz) dan Intel i7-8550U (4 GHz) serta baterai yang dapat bertahan hingga 20 jam penggunaan.

Laptop ini akan berjalan di atas sistem operasi Windows 10 Home atau Pro — tergantung pada versi yang kamu beli — RAM dengan varian 4 hingga 16 GB, serta diperkuat oleh sistem pendinginan yang diklaim dapat meningkatkan performa mesin tanpa membuatnya overheat.

Rencananya, XPS 13 akan dijual dengan banderol harga US$950 (sekitar Rp12,7 juta) dengan sistem operasi Ubuntu dan US$1000 (sekitar Rp13,4 juta) dengan sistem operasi Windows.
Sumber : VentureBeat